March 18, 2020

3 Tanda Utama Terinfeksi Corona: Batuk Kering, Demam, Sesak Napas

Simple Clean | March 18, 2020
3 Tanda Utama Terinfeksi Corona:  Batuk Kering, Demam, Sesak Napas

Virus Corona atau Coronavirus Diseas 2019 (Covid-19) saat ini sudah dinyatakan sebagai pandemi virus oleh WHO. 

Pemerintah juga sudah mengharuskan setiap orang yang memiliki tanda-tanda terinfeksi Corona untuk mengisolasi diri di dalam rumah setidaknya selama 14 hari.

Hingga 18 Maret 2020, virus Corona telah menyebar ke 152 negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia pasien terjangkit virus Corona sudah mencapai 227 orang. 

Sebanyak 11 orang dikabarkan telah sembuh, sementara 19 orang lainnya meninggal dunia. 

Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan social distance saat ini dan mengisolasi diri di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Tanda Utama Terinfeksi Corona

Hingga saat ini para ahli masih meneliti lebih dalam mengenai virus Corona yang tergolong baru. Namun sebagian besar tanda terinfeksi Corona yang banyak terlihat adalah:
  1. Batuk Kering
  2. Demam
  3. Sesak Napas.
Seperti dikutip dari The Sun, tiga tanda terinfeksi Corona tersebut biasanya yang paling sering terlihat. Namun, sebagian pasien juga ada yang memiliki tanda terinfeksi Corona tambahan, seperti sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, dan diare. 

Tanda terinfeksi Corona tersebut dimulai dari gejala ringan dan secara bertahap semakin memburuk.

Walaupun demikian, memiliki tanda-tanda terinfeksi Corona tersebut tidak selalu berarti bahwa kamu terjangkit Covid-19 atau virus Corona. Bisa saja kamu hanya terserang flu biasa.

Sayangnya, tidak semua pasien terinfeksi Corona memiliki tanda-tanda Corona seperti yang telah disebutkan di atas. Beberapa bahkan tidak memiliki gejala atau tanda apapun sehingga sangat sulit membedakan seseorang yang terkena Covid-19 atau virus Corona dan yang tidak.

Sir Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah Inggris, mengatakan: "Tampaknya sangat mungkin ada beberapa tingkat penularan tanpa gejala." "Jelas ada cukup banyak penularan di awal penyakit ketika ada gejala yang sangat ringan," tambahnya.

Menurut WHO, sekitar satu dari enam orang yang memiliki tanda-tanda terinfeksi Corona bisa menjadi sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. 

Selain itu, orang-orang yang lebih tua dan yang sudah memiliki penyakit sebelumnya, seperti tekanan darah tinggi, jantung, atau diabetes berisiko terkena penyakit yang lebih serius. 

Mereka lebih berpotensi untuk terkena pneumonia dan pembengkakan paru-paru, yang bisa menyulitkan paru-paru untuk memasukkan oksigen ke dalam aliran darah sehingga akan menyebabkan kegagalan organ dan kematian. Oleh karena itu, orang yang memiliki tanda-tanda terinfeksi Corona harus segera mencari pertolongan medis.

Tanda terinfeksi Corona sangat mirip dengan penyakit pernapasan lainnya seperti flu dan pilek. Namun gejala flu bisa muncul lebih cepat dibandingkan dengan tanda terinfeksi Corona. 

Cara Penularan Virus Corona

Virus Corona dapat ditularkan dari manusia ke manusia melalui:
  • tetesan yang menyebar dari batuk atau bersin, 
  • sentuhan atau berjabat tangan. 
Tanda terinfeksi Corona diperkirakan baru akan muncul antara dua hingga sebelas hari.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Amerika Serikat, hampir semua orang yang terjangkit Covid-19 atau virus Corona akan mulai memperlihatkan tanda terinfeksi Corona setelah 11,5 hari. 

Hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk melindungi orang dari virus mematikan ini. Antibiotik juga tidak dapat membantu karena antibiotik hanya berfungsi untuk membunuh bakteri, bukan virus.

Cara Mengindari Virus Corona

Cara terbaik untuk melindungi diri agar terhindar dari tanda terinfeksi Corona adalah dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun selama 20 detik atau setara dengan menyanyikan lagu Happy Birthday sebanyak dua kali. 

Namun, jika keadaanmu sedang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan maka kamu bisa menggunakan hand sanitizer. Perlu diingat untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor atau yang belum dicuci. (Detik)

2 comments: